UKM Unijoyo Gelar LKTI Tingkat Mahasiswa Nasional

WARTAJATIM.COM:  MADURA - Universitas Trunojoyo (Unijoyo) Bangkalan Madura pada hari Minxggu 29/10/2017 menggelar lomba karya tulis ilmiah (LKTI) tingkat Mahasiswa perguruan tinggi (PT) se-Indonesia dan Seminar Nasional (Semnas) di aula Graha Utama yang berada dilantai 10. Semnas dan LKTI yang digelar dalam rangka memupuk rasa persaudaraan antar PT dan Kesadaran manusia akan alam.

Acara yang digagas oleh unit kerja mahasiswa (UKM) Unijoyo disambut antusias oleh PT seantero nusantara. Ini dibuktikan oleh banyaknya peserta yang hadir sampai membuat panitia kewalahan.

Sebagaimana yang dikatakan Andika Wahyu Al Amin mahasiswa jurusan tehnik industri Unijoyo yang juga ketua pelaksana kegiatan kepada wartajatim.

"Syukur Alhamdulillah, acara ini bisa terlaksana dengan sukses dan saya atas nama panitia mengucapkan trimakasih yang sebesar-besarnya atas partisipasi dan sumbangsihnya yang begitu luar biasa dari mahasiswa PT se-Indonesia," ujarnya.

Kegiatan yang bertema "Peningkatan Sumber Daya Alam" merupakan kegiatan kolaborasi pertama , yang diadakan oleh UKM Inovasi Unijoyo dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda. Selain itu kegiatan ini  bertujuan mengetuk para pemuda khususnya mahasiswa untuk berimprovisasi dan berinovasi akan kekayaan alam yang begitu melimpah di Indonesia.agar tidak kalah dan mampu bersaing dengan luar negeri.

"Semnas dan LKTI bertujuan untuk mengenal Alam sekitar serta pengelolahan positif alam. Alam kita ini sudah sangat rentah karena itu kami gugah kesadaran pemuda generasi penerus bangsa, melalui mahasiswa untuk kelolah Alam lebih baik dan mencintainya," ujar Andika

Hal senada juga dikatakan oleh salah satu peserta semnas dan finalis LKTI Erlin dari Politehnik Negeri Jember pada wartajatim pada Kamis 02/11/2017. Dia begitu bangga bisa hadir dan ikut berpatisipasi dalam gelaran acara ini.

"Saya sangat bangga bisa hadir dan menampilkan presentasi di depan peserta semnas dan saya berharap kegiatan ini akan menjadi event tahunan dari UKM Inovasi Universitas Trunojoyo Madura," ujarnya.

Sedangkan dalam LKTI tingkat mahasiswa PT se-Indonesia sendiri dimenangkan oleh juara 1 mahasiswa dari Institut Teknologi Bandung dengan judul  ECOHATOR (Eco-Heat Electrick Generator) : Alat pengubah limbah panas menjadi listrik pada pipa industri melalui seeback effect untuk sumber penerangan lokal di industri. juara II oleh tim dari Universitas Trunojoyo Madura, dengan judul Analisis Pengembangan Kampung Ubi Berbasis One Village One Product untuk penunjang eco tourism di madura sedangkan yang tetakhir juara 3 diraih oleh tim dari Politeknik Negeri Jember dengan judul Peningkatan Kadar Bioetanol Sebagai Bahan Bakar dengan kolom dehidrasi metode adsorpsi hidrofilik oleh zeolit alam.(indrawan/kli)