Tingkatkan Profesionalitas Calon Guru, Unwaha Kirim Mahasiswa PPL ke MAU-WH

INDONESIASATU.CO.ID:

JOMBANG - Madrasah Aliyah Unggullan KH Abdul Wahab Hasbullah (MAU-WH) Bahrul Ulum Tambakberas Jombang menerima penyerahan mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dari Universitas KH Abdul Wahab Hasbullah (Unwaha) Jombang semester genap tahun ajaran 2018/2019, Senin (03/8). Para mahasiswa ini disambut baik oleh kepala madrasah Faizun.

Kegiatan ini berlangsung di ruang guru MAU-WH. Mahasiswa-mahasiswi PPL diserahkan oleh dosen pembimbing lapangan Aufia Aisa kepada pihak madrasah yang diwakili Faizun dengan didampingi beberapa guru madrasah tersebut.

“Saya mewakili madrasah dengan ikhlas dan senang hati menerima mahasiswa praktik pengalaman lapangan dari Universitas K.H Abdul Wahab Hasbullah di almamater kami,” jelasnya.

Faizun juga menyebutkan semoga  mahasiswa PPL dari Unwaha dapat memperoleh pengalaman baru yang berkesan dan berharga dari MAU-WH. Sehingga kelak saat mengajar dan membagi kan ilmunya secara resmi di instansi pendidikan tidak lagi bingung menggarap silabus, Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan evaluasi pembelajaran.

“Semoga para mahasiswa nantinya dapat banyak pengalaman yang berkesan dan berharga dari sini,” kata Faizun.

Sementara itu dosen pembimbing Aufia Aisa menjelaskan PPL di MAU-UW diikuti oleh 17 mahasiswa-mahasiswi. 17 peserta ini berasal dari Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Matematika, Pedidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Fisika.

PPL mahasiswa-mahasiswi Unwaha ini akan dilaksanakan sejak tanggal 3 September hingga 13 Oktober 2018. Selama itu pula, para mahasiswa akan berlatih menjadi guru profesional.

“PPL di MAU-WH diikuti 17 mahasiswa Unwaha dan dilaksanakan selama 40 hari. Kita sengaja memilih MAU-WH karena madrasah ini terbukti bagus dalam masalah manegement dan pengajaran. Banyak siswa-siswi berprestasi disini,” tuturnya.

Dilanjutkannya, PPL merupakan kegiatan wajib untuk membimbing dan melatih mahasiswa sebagai calon guru dalam upaya membekali mahasiswa dengan pengalaman praktis. Sehingga mahasiswa-mahasiswi Unwaha memiliki kemampuan profesional dibidangnya masing-masing sebagai pengajar.

“PPL bertujuan agar terbentuknya pribadi calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan, keterampilan, nilai, dan sikap yang cakap dan tepat dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran,” ungkap Aisa.

Tujuan lain dari PPL yaitu mahasiswa mampu menerapkan empat kompetensi guru dalam mengajar. Kompetensi tersebut meliputi kemampuan pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian untuk jadi guru berkualitas. Dengan begini, lulusan Unwaha dapat bersaing dan diadu dengan alumni kampus lainnya di Indonesia.

“Dizaman sekarang guru dituntut profesional dalam bidangnya. Seorang guru harus update informasi terbaru tentang cara menyampaikan materi yang enak dan mudah dipahami. Semua ini bisa dilakukan bila gurunya malukan penelitian di kelas,” pungkasnya. (Syarif Abdurrahman/kla)

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

Index Berita