Ternyata Kelor, Banyak Khasiatnya ??

WARTAJATIM.COM: NGANJUK - Dikalangan masyarakat khususnya di Jawa Timur tumbuhan kelor berfungsi sebagai memandikan jenazah, Air untuk memandikan jenazah, selain diberi ramuan bunga yang harum, juga diberi daun kelor. Menurut kepercayaan penduduk di sana, daun kelor itu mempunyai daya gaib untuk menetralisir kekuatan gaib yang dimiliki oleh almarhum, misalnya ia memakai susuk, yaitu logam yang dimasukkan ke badan dengan cara gaib.

Mungkin tidak banyak yang mengetahui manfaat tumbuhan kelor, tapi ternyata kelor memiliki kandungan yang baik seperti tanaman apotik hidup. Pada dasarnya, memang pada tanaman herbal ini tersimpan senyawa-senyawa yang menutrisi tubuh.

Karena banyaknya manfaat dan khasiat daun kelor ini para ilmuan menyebutnya sebagai The Miracle Tree" (Tanaman Ajaib)

Tanaman kelor yang bernama latin Moringa oleifera adalah tumbuhan dari suku Moringaceae yang   memiliki tinggi batang sekitar 7 sampai 11 meter, dengan bunga berwarna putih kekuning-kuningan yang mengeluarkan bau dengan aroma bau semerbak, serta memiliki buah dengan bentuk segitiga memanjang biasanya di sebut kelentang dan biasanya juga bisa dimasak sebagai sayur.

Telah dilakukan penelitian pada tanaman daun kelor, baik pada daunnya, kulit batang, buah dan bijinya, diketahui sejak tahun 1980 mayoritas penduduk negara  somalia, etiopoa dan sudan menjadikan daun kelor sebagai sayuran dan dipercaya duan kelor bermanfaat untuk menjaga kesehatan.

Manfaat tanamanan kelor untuk mengobati jantung, diabetes, kanker, alergi, herpes, kurap, luka bernanah, sakit Mmata, reumatik, penyakit kuning, mengobati cacingan, menurunkan berat badan, penyedia energi, penyedia nutrisi dan meningkatkan fungsi ekskresi.
Daun kelor tanpa efek samping

Mengkonsumsi daun kelor dalam jumlah banyak tidak akan berdampak buruk bagi kesehatan, karena daun kelor sama sekali tidak terdapat efek samping, baik bila dikomsumsi oleh orang dewasa maupun oleh anak-anak.(yan/linduaji)

Area lampiran