Temu Wicara dan Gelar Teknologi Pertanian, Bupati Dengar Aspirasi Petani

INDONESIASATU.CO.ID:

NGANJUK - Bupati Nganjuk H. Novi Rahman Hidayat menemui pengurus dan anggota Kelompok Tani (Poktan) dan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) se-Kecamatan Ngronggot dalam acara silaturahmi di Dusun Pojok Desa Tanjungkalang Kecamatan Ngronggot, Kabupaten Nganjuk, Rabu (10/10).pagi

Acara yang digagas oleh Dinas Pertanian Peternakan dan Perikanan (Distanakkan) tersebut dihadiri sekitar 250 orang petani yang hadir dalam acara tersebut Poktan Sopoyono Desa Kalianyar, Poktan Bakti Desa Banjarsari, Poktan Saritangi Desa Mojokendil, Poktan Jelita Desa Cengkok, Poktan Sembodo Desa Dadapan, Poktan Pelita Desa Tanjungkalang dan ikut mendampingi Bupati, para Asisten, Kepala SKPD, jajaran Distanakkan, Camat dan unsur Forkopimka Ngronggot, dan para Kepala Desa se-Kecamatan Ngronggot.

Camat Ngronggot Nafhan Tohawi menyampaikan selamat datang kepada Bupati Nganjuk Beserta rombongan yang telah hadir dalam temu wicara dan gelar teknologi pertanian di Dusun Pojok Desa Tanjungkalang.

"Saya ucapkan rasa syukur alhamdulillah semoga kegiatan ini bisa bermanfaat untuk para petani khususnya di kecamatan Ngronggot," jelasnya

Kepala BBPK Ngronggot H. Lukman Hasyim mengatakan, temu wicara digelar dalam upaya menampung aspirasi, keinginan, gagasan dan masalah para petani sebagai pelaku utama dalam pembangunan pertanian.

“Dengan digelar ya taman teknologi pertanian sebagai salah satu bentuk untuk mempercepat penyampaian informasi kepada masyarakat dalam menampung aspirasi, keinginan, gagasan dan masalah-masalah petani yang perlu mendapatkan apresiasi dari pemerintah,” kata lukman  Hasyim 

Dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut, Lukman mengharapkan motivasi para pengurus dalam meningkatkan kualitas kelembagaan kelompok tani dapat meningkat.

Sementara Bupati Nganjuk H. Novi Rahman Hidayat sangat mengapresiasi kegiatan silaturahmi tersebut yang menurutnya besar sekali manfaatnya.

“Atas nama pemerintah, saya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Mudah-mudahan pertemuan ini membawa kebarokahan dan kebahagiaan bagi kita semua, khususnya bagi kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Bupati meminta kepada seluruh masyarakat Ngronggot khususnya Poktan dan Gapoktan untuk mendukung dan mensukseskan program-program pemerintah di bidang pertanian yang ada di Kabupaten Nganjuk, khususnya wilayah Ngronggot.

“Saya mohon masyarakat Ngronggot karena mayoritas penduduknya petani harus bisa menghasilkan produk Unggulan seperti padi, kedelai, jagung bawang merah, cabai, melon, Tebu, cengkeh, minyak nilai dan sebagainya. Hal ini dilakukan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya petani yang memerlukan pengairan bagi sawah-sawahnya,” ungkap Bupati.

Disinggung wartawan dengan infrastruktur jalan yang rusak, Bupati berjanji akan segera memperbaikinya. “Infrastruktur yang mantap akan menunjang kelancaran ekonomi warga. Saya akan koordinasikan dengan instansi terkait. Mudah- mudahan bisa segera diperbaiki,” janjinya.

Banyak hal yang dibahas dalam pertemuan yang dipandu langsung Bupati tersebut, salah satunya penentuan komoditas unggulan Kecamatan Ngronggot.

“Untuk komoditas unggulan, silakan dibicarakan terlebih dahulu dalam forum tersendiri antara para petani dengan instansi terkait agar hasilnya bisa maksimal dan betul-betul dapat diusahakan,” imbuh Bupati.

Pada kesempatan tersebut, Bupati secara simbolis turut menyerahkan bibit pertanian untuk para Kelompok Tani di Ngronggot sebagai syarat untuk menerima bantuan hibah sebagaimana diatur oleh Perbup No. 11 Tahun 2016 tentang Pendaftaran Lembaga Kemasyarakatan.

Hadir dalam temu wicara dan gelar teknologi pertanian itu Kadis Pertanian Ir Istanto Winoto, Camat Nafhan Tohawi, Kapolsek AKP Sugeng Hariono, Danramil 0810/09 Kapten Inf Rusmanto dan Kades se Kecamatan Ngronggot.

Reporter : sakera

Editor : kusno lindu aji 

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

Index Berita