Santri Al Muhibbin Awali Tahun Ajaran Baru Dengan Sowan Ke Kiai Dan Makam Ulama

INDONESIASATU.CO.ID:

JOMBANG - Santri ribath Bumi Damai Al Muhibbin Pondok Pesantren Bahrul Ulum Jombang melakukan hal berbeda sebelum memulai proses belajar dengan menziarahi makam para pendiri pesantren dan sowan atau silaturrahim ke sejumlah pengasuh Bahrul Ulum.

“Ini agenda tahunan yang dilaksanakan setelah kembali ke pondok pasca libur Idul Fitri. Sebagai rasa hormat kita kepada para pendiri pesantren maka kita agendakan untuk menziarahi malamnya. Selain itu, karena di Bahrul Ulum ada banyak pengasuh atau kiai maka kita juga agendakan bertamu bareng-bareng kerumah beliau-beliau,” jelas Ketua Panitia, M Fadlan Murtadlo, Minggu (8/7).

Fadlan menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan selama berhari-hari karena begitu banyaknya makam yang dikunjungi dan pengasuh yang ditemui. Tujuan kegiatan ini, menurut Fadlan untuk meminta doa serta nasehat dari para pengasuh agar dimudahkan dalam proses belajar mengajar.

“Kalau di makam kita baca tahlil dan berdoa agar semua santri mendapatkan ilmu barakah dan manfaat. Tapi kalau berkunjung ke rumah kiai kita yang minta doakan sekaligus nasehat,” tambahnya.

Ia mengatakan, kegiatan meminta doa para ulama sudah biasa dilakukan di kalangan Nahdlatul Ulama. Bahkan di Bahrul Ulum masuk dalam agenda wajib tahunan. Alasannya karena para ulama doanya lebih mudah diijabahi sebab hati mereka bersih dari sifat tercela.

“Jadi kalau disini hari pertama dan kedua setelah liburan Idul Fitri tidak ada pelajaran atau ngaji. Fokusnya silaturrahim ke para kiai dan ziarah makam pengasuh pesantren. Hasil dari kegiatan ini cukup banyak, salah satunya santri lebih betah di pondok,” tandas Fadlan. (Syarif Abdurrahman/kla) 

Index Berita