Meriahkan Ramadhan, Siswa MAN 1 jombang Pelajari Kitab Kuning Dengan Metode Amtsilati

INDONESIASATU.CO.ID:

JOMBANG, Mengisi kegiatan Ramadlan 1439 H, Madrasah Aliyah Negeri 1 Jombang bekerjasama dengan Pondok Pesantren Al Aqobah mengadakan pelatihan baca kitab kuning dengan metode Amtsilati untuk para siswa-siswinya.

Ahmad Kanzul Fikri, MPd (30) tenaga pengajar metode Amtsilati dari Pesantren Al Aqobah menjelaskan kegiatan dilaksanakan mulai tanggal 30 Mei hingga 08 Juni 2018. Waktu pelaksana annya dimulai sejak pukul 07.00 WIB sampai 12.00 WIB. Selama itu, siswa-siswi akan diajarkan nahwu shorof dengan metode Amtsilati. Selain itu juga ada kajian kitab kuning Taysirul Kholaq yang berisi tata krama dalam kehidupan sehari-hari.

"Metode Amtsilati ini dikarang oleh KH Taufiqul Hakim dari Jepara. Terdiri dari lima juz dan 184 bait nadzom. Metode ini membuat murid enjoy dan sudah dibuktikan oleh banyak murid seluruh Indonesia,"  kata Ustadz Fikri.

Ia menambahkan, kegiatan ini bertujuan agar para siswa mampu memahami dasar-dasar kitab kuning dalam waktu yang relatif singkat, tanpa kesulitan yang berarti plus penerapan Al-Fiyah secara integratif ke kitab kuning langsung.

"Saat ini metode Amtsilati bisa dibilang cara terbaik mempelajari kitab kuning bagi yang ingin cepat. Karena di era moderen ini pelajar lebih suka yang praktis dan menyenangkan, itu ada di Amtsilati," papar Gus Fikri

Diera digital ini, kata Gus Fikri, murid terbiasa dengan sesuatu yang instan dan praktis. Oleh karenanya, dalam metode Amtsilati peserta didik diajak bernyanyi, menghafal rumus, lalu menerapkan gramatika bahasa arab pada kitab kuning.

"Semua bisa belajar nahwu shorof untuk membaca kitab kuning dengan enjoy lewat metode Amtsilati. Silakan dicoba, pasti ketagihan," pungkasnya.(lid/di/kla)

Index Berita