Menjaga Tradisi, Ratusan Warga Panen Ikan di Dam Manggarejo

INDONESIASATU.CO.ID:

NGANJUK - Ratusan warga berebut menangkap ikan di sebuah Dam, dalam tradisi jaring ikan di Desa Manggarejo Kecamatan Wilangan Kabupaten Nganjuk, Minggu (14/10). Tak hanya warga laki laki, para ibu ibu dan anak anak, rela untuk berburu tangkapan ikan besar yang diinginkan.

Ratusan Warga berbondong-bondong terjun ke Dam dengan membawa berbagai peralatan untuk mencari ikan. Ikan di Dam tersebut antara lain Nila,Kotok,Wader serta Ikan-ikan yang didapat tersebut ada yang dikonsumsi sendiri, ada juga yang dijual.

Supri warga setempat, pencari ikan,mengatakan, mencari ikan di Dam sudah menjadi agenda rutin tahunan. Di mana setiap bulan Oktober Dam Manggarejo selalu dipenuhi ratusan warga dari tetangga Desa, dan dimanfaatkan warga untuk mencari ikan.

”Mencari ikan sudah menjadi agenda tahunan di sini. Setiap bulan Oktober, warga dari berbagai daerah mencari ikan di sini,” ungkapnya.

Namun demikian, menurut dia, dibanding dengan tahun sebelumnya, jumlah ikan yang ada di saluran menurun. Selain itu juga tidak sebesar tahun sebelumnya. Dia tidak tahu apa yang menyebabkan hal tersebut.

Hal senada juga diungkapkan Jogoboyo Desa Manggarejo Sutrisno menyampaikan, agenda yang menjadi tradisi turun temurun menjadi kebanggaan warga sekitar untuk mencari ikan.

”Dari hasil tangkapan kita jual hasilnya buat penghijauan dan di masukan khas Desa dan bisa sampai seminggu kita mencari ikan bahkan sudah banyak warga yang datang,” ujarnya.

Lanjut Sutriano, mengaku, ikan yang didapat rata-rata jenis Nila,Bawal, Wader Tetapi ikan jenis jambal, lele, juga ada tetapi jarang. Untuk harga ikan yang didapat, kata dia, dijual perkilo 16 ribu bukan berdasarkan besar kecilnya ikan.

”Satu kilo itu ya ada yang isi 10-15 ekor. Kalau harga tergantung yang jual,” kata Sutrisno.

Reporter : Nimun

Editor : kusno lindu aji 

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

Index Berita