Mengulik Visi Misi Calon Bupati – Wakil Bupati Nganjuk 2018 – 2023

INDONESIASATU.CO.ID:

OPINI - Sebentar lagi masa pemerintahan H.Taufiqqurrahman – KH.Abdul wachid badrus telah usai, saat sekarang sudah mulai tampat walaupun malu-malu para calon kandidat yang akan maju dalam pertarungan menjadi Cabup dan Cawabup Nganjuk 2018 – 2023.

mengartikan Visi dan Misi adalah gambaran besar apa saja yang focus dalam pembangunan daerah yang akan dilaksanakan. Dari visi dan misi ini pulalah kita dapat melihat seberapa jauh calon pemimpin daerah manapun menganalisa permasalahan didaerahnya dan menterjemahkannya ke dalam program kerja lima tahun mendatang. Di Kabupaten Nganjuk memiliki cukup banyak tantangan dan permasalahan kedepan, untuk itu mari kita lihat apa saja yang akan dibawa oleh calon bupati dan wakil bupati secara umum.
 
I. Calon bupati dan wakil bupati
  VISI :
  “Nganjuk Keren, Kreatif, Sejahtera dan Harmonis” 
   MISI :

  1. Mewujudkan pendidikan berbasis budaya menuju Magetan aman, sehat, dan sejahtera.
  2. Mewujudkan pemerataan pembangunan infrastruktur.
  3. Meningkatkan kesejahteraan petani melalui teknologi tepat guna.
  4. Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, birokrasi yang melayani dan peduli.
  5. Mengoptimalkan potensi pariwisata, pengembangan ekonomi kreatif dan UMKM

  
II. Calon Bupati dan wakil bupati  
    VISI : 
    “ Membangun Magetan Aman, Sejahtera, dan Bermartabat” 
    MISI :

  1. Meningkatkan kapasitas desa dan masyarakat desa sebagai kekuatan utama ekonomi serta pelaku utama pembangunan, melalui pengembangan sumber daya manusia dan sumber daya sosial-budaya dalam rangka mengoptimalkan potensi sumber daya alam desa baik di bidang agraris maupun pariwisata.
  2. Memperkuat ketahanan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Magetan melalui pengembangan potensi Magetan sebagai basis produksi dan pengolahan produksi pertanian dan perkebunan, jalur penghubung antar daerah, dan daerah tujuan wisata.
  3. Mengsinergikan antara kepentingan masyarakat dan pelaku usaha/investor untuk pengembangan perekonomian daerah dengan prinsip kepastian hukum, keterbukaan, akuntabel, efisien, berkelanjutan, dan berwawasan lingkungan.
  4. Menggerakan fungsi birokrasi sebagai pelayan masyarakat yang melayani hak dan kepentingan warga masyarakat dengan prinsip efisien, mudah, bertanggung jawab, dan inklusif tanpa memandang perbedaan etnis, gender, kepercayaan, agama, serta golongan.
  5. Memajukan kehidupan sosial Magetan yang aman, guyup, rukun, dan layak huni bagi seluruh unsur masyarakat Nganjuk, baik dalam etnis, kepercayaan, agama, golongan, gender, dan bagi penyandang disabilitas melalui penciptaan tata sosial dan tata ruang yang mengacu pada prinsip kemanusiaan (humanity) serta nilai-nilai budaya luhur masyarakat Nganjuk.
  6. Mengembangkan kualitas hidup masyarakat Nganjuk dengan meningkatkan keterjangkauan dan kualitas pelayanan dasar di bidang pendidikan dan kesehatan

 
III. Calon Bupati dan wakil bupati
     VISI : 
“    Terwujudnya Nganjuk Bersatu untuk maju, mandiri dan sejahtera untuk semua” 
     MISI :

  1. Meningkatkan produktifitas dan pendapatan masyarakat melalui kebijakan ekonomi kerakyatan dan peningkatan infrastruktur pedesaan dan perkotaan.
  2. Pengembangan perekonomian yang bertumpu pada perluasan pembangunan infrastruktur pedesaan dan perkotaan untuk pengembangan pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan, dengan penekanan pada peningkatan pendapatan masyarakat.
  3. Pemerataan dan keseimbangan pembangunan secara berkelanjutan dengan meningkatkan investasi dan pemanfaatan sumberdaya alam secara rasional, efektif dan efisien untuk mengurangi kesenjangan antar wilayah dan memperluas lapangan kerja.
  4. Meningkatkan sumber daya manusia yang unggul, sehat dan berkualitas melalui program pendidikan dan kesehatan serta berprestasi di berbagai aspek kehidupan.
  5. Mewujudkan manajemen pemerintahan daerah yang profesional, kepemimpinan daerah yang efektif, kepemimpinan yang amanah dan pelayanan publik yang berkualitas

 
IV. Calon Bupati dan Wakil Bupati 
     VISI :
     “Moncer – moncer” 
     MISI :

  1. Mewujudkan masyarakat Nganjuk yang sejahtera melalui peningkatan kualitas pelayanan aparat pemerintah daerah.
  2. Optimalisasi  aset daerah dan investasi untuk menunjang pertumbuhan ekonomi daerah demi terciptanya lapangan kerja dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. menyusun tata kelola pemerintahan yang efisien dan komprehensif dengan melakukan reformasi birokrasi yang berdasar pada efektifitas pelayanan dan efisiensi sumber daya.
  3. Normalisasi kehidupan beragama, bermasyarakat dan bernegara dengan dasar bhinneka tunggal ika, dengan saling asih asah asuh, gotong royong dan meningkatkan kesetiakawanan sosial serta menjamin  adanya  kepastian hukum.
  4. Cepat Tanggap terhadap Segala Permasalahan yang Ada di Masyarakat dengan kebijakan dan pengambilan keputusan yang cepat cermat dan cerdas. Mendorong dan memfasilitasi masyarakat pedesaan dalam mendapatkan hak-hak politik dan ekonomi dalam menentukan sendiri prioritas pembangunan di wilayahnya, mulai dari perencanaan, implementasi, penatausahaan, dan pengendaliannya mengutamakan masyarakat pinggiran dan pedesaan dalam mengejar angka-angka pertumbuhan.
  5. Edukasi kepada seluruh lapisan masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam mewujudkan pembangunan dan peningkatan kualitas pendidikan, kesehatan peningkatan sarana dan prasarana publik, kelestarian lingkungan dan kegiatan pembangunan lainnya.
  6. Reputasi dan citra Nganjuk sebagai daerah yang bermartabat, berprestasi, ramah lingkungan,  damai, sejahtera, aman, sehat, rapi, indah

Dari ke 4 Visi Misi ini, manakah yang paling menarik menurut kawan-kawan?
Nah, pertanyaan yang kemudian terlintas di benak warga Nganjuk adalah bagaimana calon bupati dan wakil bupati ini mewujudkan visi misinya ke dalam program kerja yang nyata? Apapun visi misinya, kita berharap bahwa apa yang sudah dicanangkan tidak hanya terlihat bagus di atas kertas namun realisasinya benar-benar dirasakan oleh masyarakat.
Mari kita kawal dan pastikan kawan-kawan memilih pemimpin yang benar-benar yang memiliki visi yang menjawab permasalahan daerah dan yang paling penting, yang bertindak nyata. (kuswanto)

Index Berita