MAN 3 Jombang Raih Juara 1 Lomba Inovasi Madrasah Bidang Literasi

INDONESIASATU.CO.ID:

JOMBANG - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Jombang meraih juara 1 lomba inovasi pengelolaan madrasah bidang literasi tingkat provinsi di Kementrian Agama (Kemenag) Jawa Timur.

“Alhamdulilah madrasah kita kembali meraih juara 1. Ini hadiah hari santri, mayoritas siswa-siswi MAN 3 Jombang adalah santri Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas,” jelas Kepala MAN 3 Sutrisno, Sabtu (27/10).

Perlombaan ini dimulai pertama kali dengan mengumpulkan portofolio seputar inovasi madarasah. Lalu dari dewan juri memberikan penilaian. Kemudian tahap selanjutnya masuk babak final. Selanjutnya akan ada ada tahap visitasi oleh tim penilai. Dan penilaian akhir berupa presentasi bagi madrasah yang terpilih ke tahap final di depan dewan juri.

“Lomba inovasi pengelolaan madrasah sementara ini hanya diadakan oleh Kemenag Kanwil Provinsi Jawa Timur. Ada usulan untuk pusat, supaya pusat menyelenggarakan hal yang serupa. Doakan tahun berikutnya ada, biar lebih bermanfaat,” ujarnya.

Menurut Sutrisno, MAN 3 Jombang lewat guru Bahasa Indonesia memang lagi giat menggarap literasi berupa membaca dan menulis. Peserta didik MAN 3 juga sering mengikuti lomba karya tulis ilmiah, cerpen, puisi tingkat kabupaten, provinsi dan nasional.

Beberapa inovasi baru yaitu digital literasi, Pembuatan sudut baca yang terdapat Du kelas-kelas percontohan, pemilihan duta baca masing-masing kelas, peluncuran dua buku karya warga madrasah Nur Faizah (buku Bahasa Indonesia) dan kumpulan puisi milik Realita Fithra Asmara.

“Sekarang MAN 3 Jombang punya  komunitas baca Arpelbuk untuk garap literasi. Paling paham dan berjasa tentang lomba ini ya Agus Syifa Malik dan Ibu Realita,” ujar Sutrisno.

Lomba Inovasi Pengelolaan Madrasah (LIPM) sendiri dilaksanakan mulai tingkat Raudlotul Atfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) se-Jawa Timur.

“Mudah-mudahan tahun depan menang lagi,” tandasnya.(Abdurrahman /kla) 

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

Index Berita