Koramil Lengkong Berikan Wawasan Kebangsaan Di Ponpes Melinium Al Fina

WARTAJATIM.COM: NGANJUK - Komandan Koramil (Danramil) 0810/13 Lengkong, Kapten Inf Muhtar Isnaini memberikan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada 300 santri di Ponpes Melinium Al Fina Lengkong dalam rangkah HUT TNI KE 72, Sabtu (7/10/2017).pagi pukul 08.30 sampai selesai.

Pada kesempatan itu, Kapten Inf Muhtar Isnaini menyampaikan ucapan trimakasih kepada pihak Ponpes yang memberikan waktu untuk kegiatan wawasan kebangsaan dan out bond bersama para santri materi tentang empat pilar kebangsaan, proxy war, bahaya narkoba dan bahaya laten atau bahaya komunis yang sedang hangat menjadi perbincangan akhir-akhir ini di media sosial maupun di lingkungan sekitar.

“Kesemua itu adalah ancaman besar terhadap kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujarnya.

Masih bersama Danramil, dalam beberapa tahun kedepan, Negara Indonesia yang beriklim tropis dan terletak di garis khatulistiwa akan menjadi salah satu negara dengan lumbung pangan terbesar di dunia. Oleh karena itu, negara kita tentunya akan menjadi rebutan oleh negara-negara asing yang ingin menguasai lumbung pangan kita demi kelangsungan hidup suku dan rasnya. Indonesia diketahui memiliki kekuatan militer yang cukup menjadi pertimbangan bagi negara asing yang ingin melakukan invasi.

“Perang Konvensional tentunya tidak akan menjadi pilihan yang baik mengingat Militer Indonesia terkenal dengan gerilyanya. Untuk itu beberapa negara adi kuasa ingin perlahan menghancurkan Negara Indonesia dengan merusak generasi penerus melalui narkoba dan mencoba memecah belah persatuan dan kesatuan Indonesia menggunakan proxy war serta membangkitkan paham komunis yang menjadi bahaya laten bagi seluruh Rakyat Indonesia,” paparnya.

Ditambahkan, sesungguhnya ini merupakan gaya perang modern, dan kita sedang terlibat di dalamnya. Sebagai generasi penerus bangsa yang secara tidak langsung turut-serta dalam mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Ancaman tersebut dapat kita lawan dengan menjaga persatuan dan kesatuan serta berpedoman kepada empat pilar kebangsaan diantaranya dengan mengamalkan Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan menjaga kebhinneka tunggal ika-an,” terang Danramil.

Sementara wawasan kebangsaan (Wasbang) disampaikan BATITUUD 0810/13 Lengkong Pelda Radjikan memberikan wawasan kepada para santri tentang kehidupan berbangsa dan bernegara terutama Pancasila,UUD 1945,NKRI dan Bhineka Tunggal ika serta mengajak dan menghimbau santri Ponpes Melinium Al Fina untuk selalu mawas diri dan waspada dengan perkembangan yang terjadi saat ini, khususnya perang aksi-aksi oleh oknum yang tidak bertanggung jawab baik di Medsos dan juga internet yang  selain menguntungkan juga dapat berpengaruh buruk yang bisa menghancurkan bangsa dan kesatuan NKRI.

Mengakhiri materinya, selain sesi tanya jawab, BATITUUD Pelda Radjikan  juga mengajak seluruh peserta untuk bermain Outbond salah satunya Permadi terbang,Buldozer,Bola tali,Holahop,Water estafet,Tongkat estafed.

Personel yang hadir dalam kegiatan tersebut Gabungan beberapa Koramil,Koramil Lengkong,KoramilJatikalen,Koramil Patianrowo dan Koramil Kertosono. (faiz/kuswanto)