Komnasdik Jombang Tantang Diskusi Terbuka Komnasdik Jawa Timur

INDONESIASATU.CO.ID:

Status Komnasdik Pusat masih Aktif atau Sudah Non Aktif

JOMBANG - Berawal dari proses berjalan dan berdiri nya komnasdik kabupaten Jombang, sudah banyak sekali hal-hal yang janggal dan menjadi tanda tanya dari komnasdik Jombang, mulai dari Dasar hukum, AD/ART, Regulasi, dan lain sebagainya.

Banyak sekali terjadi gesekan internal, bermula dari sinilah timbul pemikiran bersama dari komnasdik Jombang untuk mencoba melakukan usaha mencari keterangan dari banyak jalur di jakarta tentang seluk beluk komnasdik pusat, sampai sekarang, dan dapat kami kumpulkan hasil dari penyelidikan kami bahwa.

Pengurus pusat awal dilantik oleh MENPAN. Berakhir masa bhakti akhir 2017. Sampai saat ini belum ada pembaharuan /pelantikan di pengurus pusat/atau kami yang belum tahu nanti mohon komisi pendidikan jawa timur menjelaskan tentang ini.

Disisi lain pengurus yang habis masa bhakti tersebut, terus melantik pengurus daerah, Keraguan besar sampai saat ini belum terjawab, adalah resmi dan legalkah SK Kepengurusan komnasdik ini ? Atas pemahaman inilah maka SK kami yang asli kami titipkan di Notaris, Sehingga jika ada masalah salah tindak atau apapun maka menjadi jaminan bagi kami dan mohon komnasdik jatim nanti menjelaskan hal ini kepada kami.

Mempertanyakan Status Komnasdik Sekarang Statusnya Komisi kah? atau Justru LSM ?

Komisi nasional jika sebagai alat negara dibentuk pasti dibawah naungan kepresidenan melalui MenPAN, Mungkin harapan fungsional komnasdik adalah pengawasan bidang pendidikan, Namun fungsi itu dalam alat negara sudah ada komisi yang berada di DPR atau DPRD. Artinya negara sudah tidak perlu lagi alat negara baru yang difungsikan seperti KPAI, KPK, dan komisi nasional lainnya, Regulasi baik UU, PP, Perpres, Permen Belum ada yang memayungi legal formal Komnasdik, jadi kebimbangan kami sebagai KOMNASDIK ini.

”kami ini sebenarnya alat negara atau LSM ya ?, karena kami berburu di situs komnasdik pusat juga tidak menemukan kejelasan status kami mohon komnasdik jatim nanti menjelaskan hal ini nanti kepada kami"

Jika benar benar komnasdik ini LSM, bagi beberapa teman teman yang PNS kayaknya perlu berpikir lagi deh untuk melanjutkan, Karena menurut pengamatan kami, hanya jawa timur saja yang bergerak melangkah jauh, pertanyaannya Jika eksistensi dan rel gerakanya benar, sampai dimana dan sejauh mana ada jaminan kita aman dalam sistem.

Banyak kejanggalan yg telah dilakukan oleh kordinator komnasdik Provensi Jatim dengan menyalahi aturan tertulis Komnasdik pusat bahwa berdasarkan pada : keputusan ketua komnasdik no : 02/knp/lll/2012 tentang pedoman organisasi Komnasdik BAB V pasal 8 ayat 4 : bahwa pembentukan perwakilan Wilayah dan daerah disetujui dan disahkan serta bertanggungjawab pada pimpinan pusat, Artinya,baik propinsi dan kab/ kota sama kedudukannya sebagai koordinator dan sama-sama bertanggung jawab ke pusat, Itu pun jika memang Komnasdik pusat benar adanya.

Tulisan ini di tulis berdasar hasil penyelidikan bersama komnasdik jombang yang sampai saat inipun menurut SK masih berstatus Aktif, dan kami sudah mencoba untuk tabayyun dengan kordinator komnasdik jawa timur Saudara ” Kunjung Wahyudi ”

Akan tetapi sulit dan susah, beberapa kali coba agendakan selalu saja gagal, oleh karena itu kami menempuh cara tantangan diskusi terbuka ini, agar semuanya jelas, kami ingin diskusi terbuka ini di saksikan forkopimda jatim secara resmi dan di saksikan media baik cetak maupun elektronik, itupun kalau kordinator komnasdik jawa timur punya keberanian, sebelum kami semua komnasdik jombang resmi mengundurkan diri. Dengan ini pula komnasdik Jombang menantang komnasdik jawa timur untuk diskusi terbuka dalam rangka mencari kejelasan komnasdik yang sebenarnya itu apa dan bagaimana, biar ada transparansi kepada semua anggota komnasdik jawa timur yang kami yakin masih banyak yang tanda tanya terkait kejelasan komnasdik jawa timur.(oji /kla) 

  • Whatsapp

Index Berita