Kobarkan Semangat Nasionalisme, Anggota DPR RI Eko Hendro purnomo Gelar Sosialisasi Kebangsaan

WARTAJATIM: MOJOKERTO (25/7) - Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI asal Fraksi Partai PAN, Eko hendro purnomo memaparkan bahwa pentingnya sosialisai Kebangsaan sebagai pondasi Nasionalisme dan juga sebagai karakter kita selaku bangsa yang besar.

“Sehingga harus kita pupuk dan benar- benar kita tanamkan dalam jiwa. Karena hal tersebut merupakan identitas kita sebagai warga bangsa,” kata pria yang biasa disapa Mas eko patrio saat membuka Sosialisasi Kebangsaan di Gedung pertemuan Desa Mejoyo Kecamatan Bangsal, Kabupaten Mojokerto, Jatim.

Eko hendro purnomo menegaskan, pengamalan sosialisasi kebangsaan khususnya Pancasila jangan hanya dislogan. “Saya Insyaaloh akan terus mengawal, dan mengamalkan Pancasila sebagai dasar Negara RI,” ujarnya.

Dia juga menjelaskan, ketika terjun ke dapil VIII di 4 Kabupaten yang kita wakili dengan menjalankan janji bahwa, pihaknya tidak akan menyia-nyiakan kepercayaan sehingga kita hadir untuk menyerap aspirasi sekaligus merealisasikan. “Walaupun sampai saat ini, dirinya belum bisa memberikan semua yang diinginkan, karena banyaknya kebutuhan,” imbuhnya.

Dikatakan, bangsa Indonesia adalah bangsa yang didalamnya ada berbagai suku, agama dan budaya. Kemajemukan itu harusnya disadari, dan itu bukan atas permintaan kita namun atas karunia Tuhan YME. “Jadi perbedaan-perbedaan yang muncul saat ini, jangan dikapitalisasi. Seperti sekarang yang terjadi diera digital, era kebebasan. Munculnya statemen dimedsos begitu los, tanpa ada filter mulai dari bawah sampai pusat,” jelasnya.

Kebebasan informasi itu lanjut Eko, bisa dikatakan perubahan yang sangat radikal di dalam tata kehidupan berbangsa dan bernegara di Republik Indonesia.

Lebih lanjut pria yang identik disapa Mas eko patrio ini juga mengajak masyarakat untuk  calling down bahwa kita semua itu tidak ada yang paling benar. “Untuk itu mari sikap toleransi dan menghormati sesama anak bangsa Indonesia,” bebernya.

Menurutnya,  Kemajukan dan perbedaan itu seharusnya bisa menjadi pendorong dan motivasi sebagai bangsa yang lebih kuat lagi. “Saya pikir, selama 72 tahun sudahkita jalankan,perbedaan terus didorong sampai kebawah. Ini lah yang Saya katakan, nilai-nilai dari Pancasila, tentang Ketuhanan, Persatuan, Keadilan harus benar-benar dilakukan, jangan hanya slogan, tapi benar-benar menjadi pikiran kita, perasaan kita didalam kehidupan berbangsa dan bermasyarakat,” tambah politisi PAN asal Nganjuk ini.

Sosialisasi Kebangsaan tersebut dihadiri Forum Pimpinan Kecamatan Bangsal, masyarakat  se Kabupaten Mojokerto,tokoh masyarakat dari berbagai elemen dan tokoh pemuda.

Acara berlangsung lancar dan sukses, dibuka oleh Eko hendro purnomo Anggota DPR RI Fraksi PAN dari daerah pemilihan Jatim VIII,Mojokerto,Jombang,Nganjuk dan Madiun.ajie pamungkas (kuswanto)