Gerak Jalan Mojokerto Surabaya 2017 Siap Di Gelar

WARTAJATIM.COM: SURABAYA - Mendekati Bulan November, Pemerintah Provinsi jawa Timur dan Pemerintah Kota Surabaya mulai bersiap untuk mengadakan berbagai kegiatan demi memeriahkan peringatan Hari Pahlawan yang jatuh setiap tanggal 10 Nopember. Mulai dari Teatrikal Peperangan 10 Nopember hingga yang lebih atraktif, lebih menantang dan membutuhkan tekad yang besar, yaitu Lomba Gerak Jalan Mojokerto – Surabaya 2017.

Menurut cerita, bisa diakannya Gerak Jalan Mojokerto-Surabaya dikarenakan, untuk memperingati dari perjuangan para pemuda yang sebagian besar merupakan Arek – Arek Suroboyo. Para pemuda ini berjuang dengan gelora semangat yang membara dalam mencegah para penjajah yang akan berusaha merebut kembali NKRI yang saat itu telah memproklamirkan kemerdekaan Indonesia. Mojokerto -Surabaya ini adalah rute yang menjadi bagian dari perjuangan para pemuda pada tahun 1945.

Pada awalnya, rute dari gerak jalan Mojokerto - Surabaya 2016 adalah alun- alun Kota Mojokerto dan berakhir di Area Tugu Pahlawan Kota Surabaya. Sekarang rute gerak jalan perjuangan Mojokerto-Surabaya (Mojosuro) lebih jauh 1 KM dari tahun-tahun sebelumnya. Menyusul kebijakan Pemkot Mojokerto yang tidak memperbolehkan Alun-alun digunakan kegiatan dengan mengerahkan dan mobilitas massa.

Sehingga start gerak jalan Mojosuro dipindah ke Lapangan Raden Wijaya di Kelurahan Surodinawan, Kecamatan Prajuritkulon, Kota Mojokerto. Jarak tempuh dari rute yang sebelumnya 55 KM sehingga akan bertambah menjadi 56 KM atau 1 KM lebih jauh dari rute tahun-tahun sebelumnya.

Diinformasikan kepada warga masyarakat acara tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu (18/11/2017) pukul15.00 wib. Untuk itu bagi yang akan menuju Surabaya  maupun sebaliknya, agar menghindari rute Mojokerto - Surabaya karena arus lalu lintas dialihkan dari Perempatan kenanten Mojokerto arak Mojosari - Porong Sidoarjo dan dari Surabaya yang mau ke arah Mojokerto, Jombang,  Kediri, Nganjuk dilewatkan Sidoarjo, Ngoro, Mojosari,  Mojokerto, Jombang.

Start dari Lapangan Raden Wijaya – Jln. Brawijaya – Jln. Wakhid Hasyim – Jln. Bhayangkara – Jln. Gajahmada – Kawasan Desa Mlirip yang berada (di depan Pabrik Ajinomoto) – By Pass Mojokerto (di depan Pabrik Tjiwi Kimia) – Kawasan Pasar Krian (Pos 1) – Trosobo – Jln. Kletek- Jln. Sepanjang (Pos 2).

Dari (Pos 2), para peserta gerak jalan akan mengarah ke Karang Pilang – Jln. Gunungsari – Kawasan Terminal Joyoboyo – Kebun Binatang Surabaya – Jln. Diponegoro – Jln. Pasar Kembang – Jln. Kedung Doro – Jln. Blauran – Jln. Bubutan – Jln. Pahlawan – Jln. Kebun Rojo – Finish di kawasan Tugu Pahlawan Kota Surabaya.(yan/linduaji)