Facebook, Kini 'Trend' OPD Ajang Publikasi

INDONESIASATU.CO.ID:


Pandeglang - Keterbukaan Informasi Publik (KIP), sesuai yang diatur dalam Undang -undang No 14 tahun 2008,  amatlah penting dilakukan pemerintah, terutama bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Selain membuka transfaransi program pemerintah, dan transformasi terhadap masyarakat luas. Dengan hadirnya KIP dalam pemerintahan menjadikan pemerintahan pada tingkat good goverment.

Beragam postingan program instansi di media sosial salah satu bukti peran KIP itu ada. Sejauh ini postingan program kegiatan OPD yang sifatnya memberikan pelayanan informasi publik mendapat tanggapan positif dari para netizen. 

Tidak sedikit pejabat negara menjadi viral di Facebook, mulai dari Presiden RI, para Menteri RI dan pejabat penting negara lainnya seperti Gubernur, Bupati, Walikota dan jajaran Aparatur Sipil Negara lainnya, sempat masuk dan viral ketika postingan sebuah program pemerintah melalui OPD di ekspose di media sosial. 

Dari postingan OPD Pemerintah Kabupaten Pandeglang yang lagi viral di media sosial Facebook adalah postingan dari Dinas Pertanian. Terlebih Pandeglang merupakan daerah agararis. Sehingga sektor pertanian pula lah yang menjadi prioritas pembangunan daerah Kabupaten Pandeglang. 

Peran masyarakat dengan mayoritas petani tentu lebih respon saat postingan facebook menyentuh nasib petani.

"Ini langkah baik dan awal kemajuan bagi pemerintah. Karena masyarakat lebih dominan menyerap sebuah informasi di jaman now ini itu dari media sosial seperti facebook", ujar seorang netizen pemilik akun 'Buyutna Ama Cikarak', pada indonesiasatu.co.id via telphon selularnya

Indonesiasatu.co.id mencoba mendatangi salah satu penggiat media sosial facebook Dia adalah Kepala Bidang Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang, Hj Heni Supiani, Rabu (2/10). Menurut Dia, postingan program di facebook, selain dapat memperkenalkan setiap program atau kegiatan dinas. Bagi Heni posting di media sosial seperti facebook lebih efektif, dan mudah cepat direspon oleh masyarakat luas. Karena facebook merupakan media yang lagi trend digandrungi beragam kalangan masyarakat baik lokal, nasional bahkan dunia. (dhank)

 

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

Index Berita